Saturday, July 27, 2013

Peningkatan Kultur Diskusi Melalui “Anti Diskriminasi”


Depok – Divisi Kajian dan Sosial Kemasyarakatan (Kasosmas) Himpunan Mahasiswa Kriminologi kembali menghadirkan acara diskusi yang bernama “Anti Diskriminasi” (Acara Santai Diskusi Kriminologi Asik). Pada Anti Diskriminasi yang kedua kalinya ini, Kasosmas Himakrim mengambil judul acara “Dating Violence: Who’s The Victim?”.
“hipotesis awal kita ingin meneliti bagaimana adanya laki-laki dan perempuan dalam hubungan relasi pacaran atau tidak tapi bisa menimbulkan dating violence dari keduabelah pihak, dan pada faktanya dan secara commonsense menunjukkan bahwa banyak perempuan yang menjadi korban” papar Aditya Awal sebagai Project Officer di Selasar PAU FISIP UI, Senin (29/4/2013).
Tujuan awal diadakannya acara Anti Diskriminasi ini bertujuan untuk meningkatkan kultur diskusi di FISIP UI. Selain itu juga memperkenalkan perspektif kriminologi kepada mahasiswa umum dalam menganalisa permasalahan sosial.
“selain mencari tahu bentuk-bentuk dari dating violence, ciri-ciri pelaku, dan bagaimana bisa terjadinya dating violence itu sendiri, panitia juga ingin memperkenalkan jabaran yang lebih dalam lagi mengenai dating violence tersebut” pungkas Aditya Awal.
Narasumber dalam Anti Diskriminasi yang kedua ini antara lain Wara Aninditari sebagai perwakilan Kriminologi, Ahmad Khafighon sebagai perwakilan mahasiswa Ilmu Politik, dan Herlina Permata Sari S. Sos., M. Crim sebagai narasumber utama.
Acara ini memiliki konsep narasumber dari mahasiswa yang berbeda jurusan di FISIP UI agar perspektif ilmu-ilmu di fakultas ini dapat terintegrasi. Hal ini dilakukan agar budaya diskusi di FISIP UI lebih hidup dan diharapkan dapat ditemukan solusi-solusi yang lebih komprehensif dalam memecahkan permasalahan sosial.

DS

No comments: