Monday, August 13, 2012

Definisi Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli


1.      Astrid S. Susanto
Pengendalian sosial adalah kontrol yang bersifat psikologis dan nonfisik karena merupakan “tekanan mental” terhadap individu sehingga individu akan bersikap dan bertindak sesuai dengan penilaian dalam kelompok tersebut.

2.      Joseph Roucek
Pengendalian sosial merupakan segala proses, baik yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan, yang bersifat mendidik, mengajak, atau bahkan memaksa wrga masyarakat agar mamtuhi kaidah, norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat.

3.      karel Veeger
Pengendalian sosial merupakan kelanjutan dari proses sosialisasi dan berhubungan dengan cara-cara dan metode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar berperilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat, yang jika dijalankan secara efektif, perilaku individu akan konsisten dengan tipe perilaku yang diharapkan.




4.      Bruce J. Cohen
Pengendalian sosial adalah cara-cara atau metode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar berperilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat luas tertentu.

5.      Peter Berger
Pengendalian sosial adalah cara yang dipergunakan masyarakat untuk menertibkan anggota yang menyimpang.
.



definisi sendiri
 pengendalian sosial merupakan sebuah proses, cara-cara atau upaya yang dilakukan oleh agen-agen pengendalian sosial untuk mengendalikan atau membuat seseorang, sekelompok orang dan juga masyarakat berperilaku sesuai dengan nilai, norma serta harapan masyarakat dengan tujuan agar mereka tidak melakukan penyimpangan dan terciptanya keteraturan serta keselarasan di dalam masyarakat.

No comments: