Friday, November 11, 2011

Nilai Kepahlawanan Tidak Akan Pernah Hilang Dalam Kehidupan Manusia

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November adalah sebuh pembuktian penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah mengisi dan mempertahankan negara indonesia. Peristiwa heroik tersebut merupakan tolok ukur perjuangan yang didasarkan kepada patriotisme. Karena kegigihan dan perjuangan para pahlawan, kita dapat melihat pengaruhnya terhadap keberadaan negara kita tercinta ini.
Perjuangan secara heroik dan penuh dengan semangat militan, tertulis dalam catatan secarah kemerdekaan indonesia. Pada awal kemerdekaan indonesia inilah, sifat patriotisme yang dinilai sangat kental mewarnai perjuangan dalam merebut kemerdekaan. Perjuangan yang penuh dengan tumpah darah, keringat, dan air mata yang menjadi bentuk sifat kepahlawanan masyarakat indonesia. Hal ini dikarenakan, dalam mendapatkan kemerdekaan diperlukan pengorbanan jiwa dan raga sepenuhnya melalui gencatan senjata.
Sekarang setelah Indonesia merdeka secara resmi, perjuangan dengan gencatan senjata terhadap para penjajah sudah tidak mungkin dilakukan. Bentuk dari kepahlawanan Indonesia saat ini adalah dalam bentuk pembangunan bangsa agar dapat maju secara ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Banyak cara yang dapat dilakukan agar sifat kepahlawanan dapat tercermin, sehingga sifat-sifat ini dapat menjadi panutan bagi masyarakat indonesia.
Nilai kepahlawanan kontemporer yang dapat dijadikan usaha memajuka bangsa antara lain dengan membayar pajak untuk kesejahteraan masyarakat. Keaadan ekonomi masyarakat yang stabil akan menciptakan kemakmuran yang merata terhadap hak-hak ekonomi masyarakat. Selanjutnya dengan membela bangsa kita melalui kompetisi nasional maupun internasional, yang dapat membuktikan kekuatan bangsa kita dalam prestasi akademis maupun olah raga. Kemudian, pengembangan sektor teknologi melalui usaha keras dalam mengembangkan riset.
Usaha yang terpenting untuk bangsa yang dilihat dari sisi kemakmuan sosial adalah dengan semangat pemberantasan korupsi. Koruptor merupakan musuh nyata yang dapat merugikan bangsa, dan kita wajib memberantasnya untuk kemakmuran masyarakat. Apabila usaha pemberantasan korupsi dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan tercipta kondisi birokrasi dan pemerintahan yang baik pula. Kemudian, hal ini akan mengakibatkan majunya sektor-sektor yang menjadi prioritas utama yang harus dikembangkan.
Kepahlawanan merupakan sifat mutlak yang dimiliki oleh manusia. Keinginan untuk membela dan rasa ingin melindungi tersebut yang menjadi cikal bakal munculnya jiwa pahlawan. Kepahlawanan di dalam diri manusia merupakan sebuah naluri yang digunakan sebagai penolak hawa nafsu yang dapat merugikan manusia lainnya. Jadi, pahlawan tidak hanya terdapat kepada pandangan makro (masyarakat) saja, namun juga dalam pandangan mikro (personal).
Perjuangan manusia dalam menaklukkan sifat buruk yang meusak, ketidakadilan tersebut tidak akan pernah hilang dalam kehidupan manusia. Manusia memang diberi kemampuan untuk melawan segala hal yang dapat merugikan dirinya dan sesuatu yang disayanginya melalui perjuangan (conflict). Hal ini merupakan dinamika manusia yang hidup mulai dari penciptaannya sampai kepada kematiannya dengan penuh lika -liku perjuangan.

Dani Satria
Mahasiswa Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Kriminologi.

No comments: