Monday, July 2, 2012

Roadshow Kampus Okezone


Parkiran Motor UPDM(B) Penuh Sesak

Kamis, 21 Juni 2012 13:40 wib
Parkir UPDM(B) tidak memadai kebutuhan mahasiswa dan karyawan. (Foto: Hardiat Dani/UI)
Parkir UPDM(B) tidak memadai kebutuhan mahasiswa dan karyawan. (Foto: Hardiat Dani/UI)
JAKARTA - Kondisi sempitnya lahan parkir di kampus Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) atau UPDM(B) sangat memprihatinkan. Membeludaknya volume kendaraan tidak diimbangi dengan lahan parkir yang tersedia. Akibatnya, mahasiswa pun memarkirkan sepeda motor mereka di warnet Onet, seberang kampus.

Kesemerawutan dapat kita temui ketika hari-hari efektif perkuliahan, yakni Senin hingga Kamis. Selebihnya adalah hari libur bagi mahasiswa kampus ini. Seringkali, mahasiswa dan karyawan kesulitan mencari lahan yang cukup untuk memarkirkan kendaraannya, atau ketika mengeluarkan sepeda motor mereka.

Yuda, petugas parkir di kampus yang terletak di Jalan Hang Lekir, Jakarta Selatan ini bertutur, lahan parkir yang sempit memang sering dikeluhkan oleh pihak mahasiswa ataupun karyawan universitas. Namun, hingga saat ini tidak ada solusi untuk menangani lahan parkir yang sudah penuh sesak ini. Akibatnya, para pengguna kendaraan pun "mengerti" kondisi tersebut sehingga mereka berinisiatif mencari lahan parkir di luar kampus.

Sehari-harinya, Yuda bertugas sebagai petugas parkir, sekaligus mengkoordinasi keluar masuknya motor. Dia menyarankan, jika lahan parkir sudah tidak memadai, seharusnya dibuatnya tempat parkir baru di luar kampus, baik resmi maupun tidak resmi. Hal ini harus dilakukan demi kepentingan dan kenyamanan warga kampus.

"Menurut saya, yang penting penjagaan di luar kampus diperketat, misalnya dengan menambah satpam luar kampus. Kalau enggak dijaga, ya itu bahaya," kata Yuda, Rabu (20/6/2012).

Dia menilai, inisiatif mahasiswa mencari tempat parkir luar kampus ada baik dan buruknya. Meski dapat menghemat ruang di wilayah kampus, inisiatif ini berisiko kejahatan karena tidak ada penjaga. Onet yang biasa menjadi tempat nongkrong mahasiswa pun dipilih untuk sekalian memarkir motor mereka. Selain relatif teduh dengan lahan yang mencukupi, di tempat ini banyak mahasiswa menghabiskan waktu senggang mereka.

Penulis: Dani Satria
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI)
Juara III Okezone Ngampus: Be The Real Okezone's Journalist(//rfa)

No comments: