Saturday, October 9, 2010

Membangun Daya Tarik Ekonomi di Luar Ibukota

Oleh : Dani Satria

Urbanisasi merupakan masalah kompleks yang sangat sulit diselesaikan. Hal ini karena keinginan dan perilaku manusia memang tak semudah diatur dengan mengunakan sistem yang antropologis. Sistem tersebut seharusnya juga dapat menjadi solusi kebutuhan mereka secara materi dan kejiwaan manusia tersebut.
Perilaku urbanisasi sebetulnya didasarkan oleh masalah ekonomi dan tuntutan globalisasi yang dipandang adalah gaya hidup kota. Pola pikir masyarakat memang selalu berevolusi sesuai dengan perkembangan zaman. Faktor kejenuhan generasi baru dengan kegiatan yang monoton di pedesaan merupakan titik acuan untuk melakukan perubahan yang diyakininya sebagai cara untuk menjadi manusia modern. Hal ini dipengaruhi oleh berkembangnya media informasi yang sekarang sudah merambah di daerah-daerah yang sangat membuat masyarakatnya tertarik untuk mengikuti dan mencari sumber pusat informasi : KOTA.
Solusi untuk menjawab tantangan ini adalah dengan mengalihkan daerah transmigrasi ke tempat yang tidak terlalu terpencil dan masih dalam jangkauan pusat perusahaan berbasis agribisnis di luar pulau Jawa. Contohnya, di Sumatra terdapat perusahaan perkebunan raksasa kelapa sawit di Riau, merupakan sumber ekonomi yang membutuhkan pekerja yang sangat banyak. Sumber daya manusia transmigrasi ini dapat membantu berkembangnya perusahaan ini dan penyerapan tenaga kerja juga menjadi sangat efektif.
Pemerintah seharusnya memindahkan transmigran ke daerah yang relatif kota agar tidak terjadi kesenjangan sosial, karena sebagian besar transmigran berasal dari perkotaan yang penduduknya meledak. Bila transmigran di lokasikan ke daerah terpencil, meskipun dengan tanah yang luas, maka hal ini tidak akan bertahan lama. Karena kebiasaan para transmigran yang dari perkotaan tidak sesuai bila diterapkan ke ladang seperti bertani. Hal ini akan sangat susah diatur dan membuat para transmigran akan menjual tanah pemberian itu dan kembali ke kota dengan profesi yang praktis seperti biasa.
Jadi, pemerintah perlu melakukan kerjasama dengan perusahaan di luar pulau Jawa untuk menjadi penampung sumber daya manusia. Karena perusahaanlah yang menjadi sumber dan daya tarik ekonomi di suatu daerah. Penempatan ini akan membuat kondisi perekonomian perusahaan akan berkembang karena terdapatnya SDM yang memadahi. Jika hal ini bisa berhasil, perekonomian di daerah bisa berkembang.

No comments: