Saturday, May 26, 2012

Industrialisasi Kehidupan

Buku semi antologi yang berjudul "Industrialisasi Kehidupan"

merupakan kumpulan tulisan penulis yang dibuat antara tahun 2010-2011. Penulis memutuskan untuk membukukan tulisan yang telah dibuatnya selama satu tahun tersebut ke dalam sebuah buku. Tulisan yang dibuat penulis merupakan opini-opini terhadap kasus-kasus yang terjadi pada tahun tersebut. Meskipun kasusnya spesifik, dapat digunakan sebagai referensi dalam menganalisa kasus yang bersifat umum.

Hal-hal yang dianalisa antara lain kasus masyarakat terkini (pada waktu itu) dan pendapat pribadi tentang pemuda beserta alam pikirannya. Terdapat juga penegasan terhadap suatu opini, namun analisanya berbeda. Sehingga buku ini memiliki berbagai perspektif yang beragam dalam tata cara berpikir. Tidak hanya mengkritik dan memberikan solusi, namun juga dapat menambah cara berpikir dengan konsep.

Sebagian besar tulisan dalam buku ini sebelumnya telah dipublikasikan di media cetak surat kabar Seputar Indonesia dan Website Okezone.com. Penjelasan yang sederhana dan praktis tersebut sangat cocok sebagai bahan bacaan ringan yang dapat memperkaya wawasan. Selanjutnya, buku ini pastinya akan menginspirasi para mahasiswa Indonesia untuk terus menuangkan pikirannya yang penuh dengan imajinasi dan kreatifitas melewati tulisan.

Kembali, buku ini berisi tentang analisa dan argumentasi mengenai isu-isu sosial dan politik yang terjadi di Indonesia. Bagi yang ingin menambah referensi, buku ini dapat membantu memperkaya wawasan dengan esai-esai ringan. Dapat dikatakan, keberagaman pemikiran dalam buku ini mengingatkan kita pada Madilog versi miniatur.

No comments: